Tuesday, February 3, 2009

I HAVE A DREAM ...BANGKU BUS KOTA HINGGA BANGKU PRESIDEN


Terlahir bernama Martin Luther King Jr.,di Atlanta 15 Januari 1929,anak ke dua dari empat bersaudara, merupakan tokoh pergerakan kulit hitam era 1950-1960. pergerakannya dimulai tahun 1955, dimana pada saat itu seorang yang bernama ROSA PARKS, ditangkap karena melanggar hukum yang berlaku di Montgomeri.Dimana pada saat itu para kulit hitam harus menyerahkan tempat duduknya di satu bus bila ada kulit putih yang ingin duduk.Pidato King ketika itu mengatakan, :" Yang pertama dan paling penting, kita adalah orang2 Amerika, kita datang bukan untuk kekerasan.Kekuatan yang kita miliki adalah kekuatan protes,dan kejayaaan demokrasi Amerika adalah hak untuk memprotes yang benar''. Pada tanggal 28 Agustus 1963 sekitar 200 ribu orang Amerika termasuk diantaranya kulit putih berkampanye di Lincoln Memorial sebagai protes dari kekerasan yang terjadi di Alabama dan pergerakan ini semakin memenangkan perhatian kongres dan menyetujui UU HAM yang diajukan oleh Kennedy (berisikan persamaan dalam kesempatan bekerja dan mendapatkan pendidikan).


Berikut ini petikan pidato King yang terkenal dengan judul "I HAVE A DREAM" :


Sahabatku, saya katakan kepadamu, sekalipun kita sedang menghadapi kesusahan masa sekarang dan yang akan datang, saya masih punya mimpi. Inilah impian yang berakar di dalam hati orang-orang Amerika. Saya punya impian , pada suatu hari nanti, diperbukitan merah Georgia, anak bekas budak dan pemilik budak akan dapat duduk bersama di meja persaudaraan. Saya punya impian bahwa ke empat anak-anak saya yang masih kecil akan hidup ditengah-tengah sebuah bangsa dimana mereka diadili bukan berdasarkan warna kulit tetapi perilaku mereka. Inilah harapan kita, keyakinan inilah yang akan saya bawa pulang ke Selatan ( red : selatan adalah daerah para pemilik budak/ garis keras),Dengan keyakinan ini, kita akan sanggup mendapatkan secercah harapan dari segunung kekecewaan . Dengan keyakinan ini kita akan sanggup mengubah nada-nada perselisihan menjadi sebuah simponi persaudaran yang indah. Dengan keyakinan ini kita akan sanggup 'tuk bekerjasama , berdoa bersama, berjuang bersama, dipenjara bersama, memperjuangkan kebebasan bersama-sama, dan melihat suatu saat nanti kita akan bebas. Dan sekarang lah saatnya. Sekaranglah waktunya dimana anak-anak Tuhan akan menyanyi : Negarakau, negara merdeka nan indah, saya menyanyi untuk mu . Tanah dimana leluhurku mati ,kebanggan para musafir, dari setiap pegunungan biarlah lonceng kebebasan berbunyi...

Dan ketika semuanya ini terjadi, ketika kita ijinkan kebebasan bebunyi dari setiap sudut kota dan desa, kita akan mepercepat terwujudnya satu saat dimana semua anak-anak Tuhan, hitam dan putih, Yahudi atau tidak, Protestan dan Katolik, akan dapat berpegangan tangan dan menyanyikan lagu lama orang Negro, " PADA AKHIRNYA BEBAS, PADA AKHIRNYA BEBAS, TERIMAKASIH TUHAN PADA AKHIRNYA KAMI BEBAS".


Itu adalah kutipan pidato yang semakin membakar semangat pergerakan, dan KING terus mengadakan protes ( non violence protest) hingga pada akhirnya tahun 1968 tepatnya 4 April di a dibunuh di Memphis, Tennese.

Banyak orng yang berjuang 'tuk persamaan hak ini dan banyak yang di korbankan dari Abraham Lincoln, Kennedy, King, dan masih banyak lagi yang notabene mereka bukan kulit hitam semuanya . Sesudah hampir 41 tahun perjuangan KING dan protes Rosa Parks untuk mempertahankan sebuah bangku di bus Montgomeri, sesudah ratusan tahun harga yang dibayar oleh kepala Presiden Lincoln dan kemudian Kennedy, sebuah kenyataan yang tidak dapat di pungkiri dan harus diakui kalau mereka berhasil, THEY DID IT !!!! A CHANGE HAS JUST COME...

Tuk kita semuanya terlebih willis crew : Semuanya harus diperjuangkan...

No comments:

Post a Comment

silah kan komentar...ur opinion please Tapi yg sopan and bersahabat donk..