Wednesday, April 1, 2009

Dari General Conference sampai ke GMAHK Air Bersih


Gedung cantik, nan megah di kampungnya Tulang, ya itulah Tulang Sam , dari sini dimulai perjalanan alkitab yang "menghebohkan" itu.


TA PASADA MA ROHANTA MARTANGIANG MA HITA.." ALE AMANAMI,,,"

Saya tidak pernah tau ( red : orang kurang baca, kuper..!) dari mana ide untuk membuat acara seperti ini. Saya pikir cukup jenius sebagai shock therapy ( red : bukan sekedar program kahn..)kalau tujuannya untuk menyemangati orang cara ini cocok sebagai langkah pertama.Dan tentunya ini sudah dimulai di negerinya tulang, seperti pic di atas kemudian ke negara2 lain hingga ke Indonesia. Di Indonesia cara yang dilakukan bakal sama karena kita di Willis juga sudah buat seperti itu. ( red : kahn sudah digariskan dari sana,..ampun lambatnya..)

"Alkitab sebesar meja makan", itulah pikiran ku ketika mendengar salah seorang pendeta di kota Medan mengatakan tentang akan datang nya sebuah alkitab dari USA."Harus diangkat oleh minimal empat orang,beratnya sekitar sekian puluh kilo".( red : wow... dari USA keliling dunia..?)
Dengan harap2 cemas dan sedikit ingin tahu, saya datang di GMAHK Air Bersih 'tuk ikut acara seremonial "Follow The Bible "yang menggabungkan distrik Medan Timur dan Medan Selatan. Apalagi Sabat kemarin diumumkan di gabungan dua distrik di Rumah Gorga, "so pastinya seru" saya berpikir sembari membayangkan alkitab yang di hebohkan beberapa tokoh penting Advent.
Sebenarnya acara yang sama sudah kita laksanakan di GMAHK Willis , sudah lebih dari satu atau dua bulan ya..? ( red : kurang ingat, soalnya dah tua..). Dan acaranya memang sama persis, ada yang bawa bendera merah putih, bendera gereja, bendera klup Pathfinder, Petualang, PA senior dll. utusan pembaca alkitab dari anak-anak, remaja, pemuda, dan orang tua bergantian membaca ayat alkitab satu atau dua ayat.

Di gereja kita juga yang di Mandala dibuat acara yang sama, ya gitu-gitu juga. Kadang dalam hati saya bertanya-tanya bawa2 alkitab segitu besarnya dari luar negeri ke semua gereja Advent, ini kurang kerjaan apa..? (red : bayangan alkitab sebesar 2 x 3 meter..!)

Pernah saya coba bertanya keberapa teman2 yang memang sama bodohnya dengan saya, jawabannya seperti yang saya duga ...! "Gak Tau..!" (red : hah, kok bisa sama jawabannya..) Sebuah kutipan yang sering disampaikan beberapa tokoh belakangan ini setiap kali kotbah, "Advent ada pada urutan kesekian...", membuat saya mulai bosan mendengarnya. Selama ini berarti kita hanya merasa sebagai orang yang paling rajin-lah, paling ber-iman lah, paling setia-lah,dan...banyaklah.! Sesudah ada penelitian baru digalakkan 'tuk baca alkitab sampai pake acara menggadang-gadang alkitab dari General Conference.

Saya kadang bingung tapi lebih banyak tersenyumlah mendengar setiap kali para pembicara andal di kalangan kita menyampaikan kotbah mengenai hal ini." Telat sih, beritanya", masa mereka baru tau sekarang kalau kita itu dalam membaca alkitab berada pada urutan kesekian..,berdoa urutan sekian, dll.. emangnya dari situasi jemaat gak bisa di lihat apa..? Saya malah takut, jangan-jangan yang buat penelitian ini bukan Advent pula...!!

Nih baru nyampe di Indonesia ya..seperti serah terima jabatan gitu..

Kalau betul berarti memang kita gak tau diri, kelewatan..!!Semoga tidak, semoga bukan denominasi gereja lain, semoga bukan..!! Saya sangat berharap penelitian ini dari inisiatif pimpinan gereja Advent, semoga Tuhan!! Dan seandainya dari gereja lain..???? Saya tidak mau dengar...!!!Saya akan lebih bangga menjadi seorang Advent ketika mengetahui bahwa kami saling memperhatikan, menjaga, merawat, karena kami adalah sebuah keluarga. Ya, we're a family, and I'm so glad 'cause we're a family of God. Sekarang ini saya bingung, tujuannya untuk apa ya...mesti bawa alkitab dari sana, dan kemudian di bawa berkeliling..

Mungkin bicara tentang Advent sedunia terlalu patentengan ( red : pake bahasa baku donk..), kita bicara tentang Advent Indonesia aja dulu. Advent Indonesia..? hmmm.., mungkin terlalu luas, okelah kita 'gak bicara tentang advent Sumatera Kawasan Utara. Saya mau ajak teman2 berpikir tentang KPA yang sekarang digalakkan, bagaimana..., jalan gak..?Atau malah kebanyakan gak jalan ( red : ho, ho,ho harus jalan donk...)Kita coba adakan penelitian sekali2, mungkin pimpinan kita 'gak sempat melakukannya karena banyaknya pekerjaan yang harus mereka selesaikan, maklumlah..
Mari kita coba data berapa anggota yang hadir disetia pertemuan KPA ( red : kita tidak bicara tentang non adv.yang hadir, kita bicara tentang advent).Apakah jumlah itu sebanding dengan jumlah anggota jemaat yang ada..? Okelah masalah kita minimize, kita jangan bicara tentang jumlah yang hadir, kita coba tanya , " KPA jalan 'gak?" Jangan2 malah 'gak jalan, sementara kalau kita kalau digereja dengan semangat yang berkobar-kobar (red : bahkan kadang2 JIMBUR MARAPI-API) katakan di dalam gereja "Follow The Bible, baca alkitab, advent urutan kesekian,...DLL sementara kita 'gak mau datang di KPA!! TOOLONG, JANGAN MARAH2 BRO N SIS', saya juga bukan orang yang rajin baca alkitab tapi saya paling getol mengatai orang !!!

Jadi ngelantur, saya mau cerita tentang ceremonial yang di Air Bersih nih... ( pic di samping ini gereja Air Bersih, paling cantik di SKU menurut pengamatan saya..)
Saya tiba bersama seorang teman wanita ketika acara prosesi hendak dimulai dan sudah banyak orang di dalam gereja. Tetapi bukan itu yang menjadi tujuan utama saya datang disini, saya coba lihat keliling dan "itu dia", itu yang saya cari. Saya coba perjelas dengan bertanya kepada orang yang berdiri dekat dengan orang yang akan membawanya masuk di dalam gereja. " Ya memang itu alkitabnya", sahutnya dengan enteng. " Hah..?" cuma se besar itu.." di Gramedia juga ada yang lebih besar...".Acara dimulai dan kotbah disampaikan oleh utusan dari kantor daerah SKU, seperti biasa yang mau disampaikan ya,,mengenai membaca alkitab, lebih rajin, dan sebagainyalah.Sehabis kebaktian yang dihadiri oleh 200 an orang itu, kita makan minum...lumayanlah...!

Gereja kita yang ada di Air Bersih, disinilah acara seremonial itu berlangsung pada hari Rabu malam

Akhirnya , sampai juga di gereja kita yang di Air Bersih...Bayangin jauhnya perjalanan yang harus dilalui "sang alkitab" hanya 'untuk menggalakkan Follow The Bible".Kita sangat berharap bahwa kegiatan ini memang merupakan suatu kebutuhan yang di dasari kesadaran penuh dan bukan hanya sekedar " a temporararely win of change", karena menilik cara mainnya melalui KPA sebagai ujung tombak ini hanya bersifat sementara. Banyak orang yang memang tanpa KPA atau program "Follow The Bible" pun mereka sudah suka membaca alkitab. Mereka membaca alkitab bukan karena ada program, tapi mereka memang menjadikan alkitab sebagai pemuas dahaga, pengobat rasa sakit,dan penopang harapan .God Bless Us

No comments:

Post a Comment

silah kan komentar...ur opinion please Tapi yg sopan and bersahabat donk..